PENGARUH IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (Studi pada PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk.)

Penulis

  • Mohammad Yaskun Fakultas Ekonomi
  • Puguh Cahyono Fakultas Ekonomi

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v1i3.38

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur faktor-faktor yang ada dalam implementasi CSR yang dilakukan oleh PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk.  yang berpengaruh terhadap citra perusahaan bagi pihak inetrnal dan eksternal perusahaan (masyarakat yang merasakan dampak langsung keberadaan PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk.). Hasil penelitian ini dari uji statistik yang telah dilakukan terhadap hipotesis awal  penelitian, hanya X7 (sektor sarana umum) berpengaruh signifikan secara negatif terhadap citra perusahaan (berlawanan dengan dugaan awal penelitian). Sedangkan X1 (program kemitraan), X2 (sektor pendidikan), X3 (sektor kesehatan), X4 (sektor pelestarian alam), X5 (sektor bencana alam), X6 (sektor olahraga, seni dan budaya), dan X8 (sektor sarana ibadah). Berdasarkan kajian lebih lanjut terhadap hasil uji statistik tersebut, terdapat fakta bahwa hanya 30% dana dari program CSR PT. Semen Indonesia yang disalurkan di Gresik sedangkan 70%nya ada di di Tuban. Kurang maksimalnya sosialisasi dan publikasi atas program-program CSR Semen Indonesia sehingga responden tidak mendapakan informasi yang cukup mengenai program-program CSR tersebut. Pelaksanaan dari program-program CSR yang tidak merata sehingga manfaatnyapun hanya dirasakan sebagian masyarakat saja.

Keywords : Corporate Sosial Resposibility (CSR), citra perusahaan

Unduhan

Diterbitkan

2016-10-01

Cara Mengutip

Yaskun, M., & Cahyono, P. (2016). PENGARUH IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (Studi pada PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk.). JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 1(3), 9 Halaman. https://doi.org/10.30736/jpim.v1i3.38