PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET BIOSKOP PENGGUNA APLIKASI TIX.ID

Penulis

  • Nuraini Nuraini Institut STIAMI
  • Antoni Ludfi Arifin

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v6i1.627

Kata Kunci:

Perilaku Konsumen, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh perilaku konsumen dan promosi terhadap keputusan pembelian tiket film di kalangan pengguna aplikasi Tix.Id. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Institut STIAMI di Kampus Pusat angkatan 2016, dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden yang diambil dengan menggunakan metode non probability sampling dan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner, di mana masing-masing responden diberikan 30 pernyataan. Berdasarkan Uji-t perilaku konsumen dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji f menunjukkan bahwa semua variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai R Square sebesar 0,723 yang artinya pengaruh variabel X (perilaku konsumen dan promosi) terhadap variabel Y (keputusan pembelian) sebesar 72,3%, sisanya 27,7% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Unduhan

Diterbitkan

2021-02-25

Cara Mengutip

Nuraini, N., & Arifin, A. L. (2021). PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET BIOSKOP PENGGUNA APLIKASI TIX.ID. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 6(1), 52–63. https://doi.org/10.30736/jpim.v6i1.627