PENGARUH BRAND AMBASSADOR, KEPERCAYAAN, DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP MINAT BELI DI APLIKASI TOKOPEDIA

Authors

  • Chando Steven Johannes Universitas Advent Indonesia
  • Valentine Siagian Universitas Advent Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v6i2.690

Keywords:

Brand Ambassador, Kepercayaan, Potongan Harga, Minat beli

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand ambassador, kepercayaan, dan price discount terhadap minat beli pada aplikasi Tokopedia. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling, didapati sebanyak 116 sampel dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Advent Indonesia, dengan karakteristik utama mengenal brand ambassador dari Tokopedia yaitu BTS (Bangtan Sonyeondan). Penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 25 untuk mengolah data. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, nilai uji t variabel brand ambassador sebesar 2,368 dengan nilai signifikan 0,020. Nilai ini menunjukan bahwa variabel brand ambassador berpengaruh secara parsial terhadap variabel minat beli. Nilai uji t untuk variabel kepercayaan sebesar 6,905 dengan nilai signifikan 0,000. Hasil ini menunjukan bahwa variabel kepercayaan berpengaruh secara parsial terhadap variabel minat beli. Untuk variabel price discount, nilai uji t sebesar 5,815 dengan nilai signifikan 0,000. Hasil ini menunjukan variabel price discount berpengaruh secara parsial terhadap variabel minat beli. Nilai F hitung adalah 85,317 dengan nilai signifikan 0,000, ini menunjukan bahwa brand ambassador, kepercayaan, dan price discount berpengaruh secara simultan terhadap minat beli di aplikasi Tokopedia.

Author Biographies

Chando Steven Johannes, Universitas Advent Indonesia

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Advent Indonesia

Valentine Siagian, Universitas Advent Indonesia

Fakultas Ekonomi
Universitas Advent Indonesia
Lektor/IIIc

References

A, Shimp,Terence (2003). Periklanan Promosi&Aspek Tambahan Komunikasi

Pemasaran.Terpadu, Jilid I ( edisi 5), Jakarta: Erlangga.

Adinata, K. J., & Yasa, N. N. K. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga,

dan Sikap Terhadap Niat Beli Kembali Di Situs Lazada. E-Jurnal

Manajemen Unud, 7(8), 4153-4180.

Agustini, N. K. D. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Keputusan Membeli di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 127-136.

Akbar, M. A., & Alam, S. N. (2020). E-commerce': Dasar Teori Dalam Bisnis

Digital. Yayasan Kita Menulis.

Alicia, C., & Siagian, V. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Karakteristik Produk Laneige Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomis, 13(4b), 3-16.

Amanah, D., & Harahap, D. A. (2018). Examining the Effect of Product

Assortment and Price Discount Toward Online Purchase Decision of University Student in Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 20(2), 99-104.

Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh kepercayaan dan risiko pada minat

beli belanja online. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 14(2), 155-168.

Ardiansyah, A., & Nurdin, H. (2020). Pengaruh Diskon dan Kepercayaan

Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop Shopee (Studi Kasus Mahasiswa STIE BIMA).

Ardyanto, D. (2015). Pengaruh kemudahan dan kepercayaan menggunakan E-

commerce terhadap keputusan pembelian online (Survei Pada Konsumen www. petersaysdenim. com). Jurnal Administrasi Bisnis, 22(1).

Bhatti, A. (2018). Sales promotion and price discount effect on consumer

purchase intention with the moderating role of social media in Pakistan. International Journal of Business Management, 3(4), 50-58.

Chauhan, R., & Fauzy, H. M. (2020). The Influence Of Brand Trust In Mediating

Consumer Online Behavior Against Buying Interest In Online Stores (Case Study Of Hypermart Online Shop In Indonesia) Dinasti International Journal of Digital Business Management, 1(3), 471-484.

Cho, Y. C., & Sagynov, E. (2015). Exploring factors that affect usefulness, ease

of use, trust, and purchase intention in the online environment. International Journal of Management & Information Systems (IJMIS), 19(1), 21-36.

Dachyar, M., & Banjarnahor, L. (2017). Factors influencing purchase intention

towards consumer-to-consumer e-commerce. Intangible Capital, 13(5), 946-966.

Dewi, I. K., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan

Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013/2014 Konsumen Traveloka). Jurnal Administrasi Bisnis, 56(1), 155-163.

Fitrianto, E. M. (2020). Brand ambassador Performance and the Effect to

Consumer Decision Using VisCAP Model on Online Marketplace in Indonesia. Sriwijaya International Journal Of Dynamic Economics And Business, 4(1), 21-30.

Gultom, S. B., & Sari, D. (2019). Pengaruh Brand ambassador Blackpink

Terhadap Brand Image E-commerce Shopee. eProceedings of Management, 6(2).

Ilaisyah, H. L., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Iklan

Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Tokopedia.Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Global edition

(Global). Harlow: Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran edisi kedua belas jilid

Penerbit: PT. Indeks. Jakarta.

Lea-Greenwood, G. (2013). Fashion marketing communications. John Wiley &

Sons.

Li, C., Chu, M., Zhou, C., & Zhao, L. (2020). Two-period discount pricing

strategies for an e-commerce platform with strategic consumers. Computers & Industrial Engineering, 147, 106640.

Perwitasari,Anna Suci (2020). Data 91 juta pengguna Tokopedia dijual, ini yang

dilakukan Tokopedia. Retrieved from https://industri.kontan.co.id/news/data-91-juta-pengguna-tokopedia-dijual-ini-yang-dilakukan-tokopedia

Ponte, E. B., Carvajal-Trujillo, E., & Escobar-Rodríguez, T. (2015). Influence of

trust and perceived value on the intention to purchase travel online: Integrating the effects of assurance on trust antecedents. Tourism Management, 47, 286-302.

Prabarini, A. Heryanto, B, dan Astuti, P (2018). Pengaruh promosi penjualan dan

potongan harga terhadap keputusan pembelian konsumen produk kecantikan wardah di toserba borobudur kediri. Jurnal JIMEK 1(2): 259-270.

Putro, H. B., & Haryanto, B. (2015). Factors affecting purchase intention of

online shopping in Zalora Indonesia. Journal of Economics, Management and Trade, 1-12.

Rahman, S. H., Rohaeni, H., & Dewi, S. W. K. (2020). Pengaruh Price Discount

dan Bonus Pack Terhadap Purchase Intention. Jurnal Sain Manajemen, 2(1), 24-36.

Rerung, R. R. (2018). E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi

Informasi. Deepublish.

Shahnaz, N. B. F., & Wahyono, W. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Minat

Beli Konsumen Di Toko Online. Management Analysis Journal, 5(4).

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap

Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 4(1), 38-51.

Syamsul Ashar (2020). Jakarta Great Online Sale 2020 hari ini di Blibli,

Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dkk. Retrieved from https://regional.kontan.co.id/news/jakarta-great-online-sale-2020-hari-ini-di-blibli-tokopedia-lazada-bukalapak-dkk?page=all

Wikanto Andi (2020). Berdasarkan jumlah pengunjung, Tokopedia kini lengser

dari peringkat pertama. Retrieved from https://industri.kontan.co.id/news/berdasarkan-jumlah-pengunjung-tokopedia-kini-lengser-dari-peringkat-pertama

Yasmin Puti (2020). 5 Unicorn Indonesia, Ini Daftar Lengkapnya. Retrieved from

https://finance.detik.com/fintech/d-4907515/5- unicorn-indonesia-ini-daftar-lengkapnya

Published

2021-06-25

How to Cite

Johannes, C. S., & Siagian, V. (2021). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, KEPERCAYAAN, DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP MINAT BELI DI APLIKASI TOKOPEDIA. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 6(2), 98–112. https://doi.org/10.30736/jpim.v6i2.690