PENGARUH BRAND AMBASSADOR, KEPERCAYAAN, DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP MINAT BELI DI APLIKASI TOKOPEDIA
DOI:
https://doi.org/10.30736/jpim.v6i2.690Keywords:
Brand Ambassador, Kepercayaan, Potongan Harga, Minat beliAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand ambassador, kepercayaan, dan price discount terhadap minat beli pada aplikasi Tokopedia. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling, didapati sebanyak 116 sampel dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Advent Indonesia, dengan karakteristik utama mengenal brand ambassador dari Tokopedia yaitu BTS (Bangtan Sonyeondan). Penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 25 untuk mengolah data. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, nilai uji t variabel brand ambassador sebesar 2,368 dengan nilai signifikan 0,020. Nilai ini menunjukan bahwa variabel brand ambassador berpengaruh secara parsial terhadap variabel minat beli. Nilai uji t untuk variabel kepercayaan sebesar 6,905 dengan nilai signifikan 0,000. Hasil ini menunjukan bahwa variabel kepercayaan berpengaruh secara parsial terhadap variabel minat beli. Untuk variabel price discount, nilai uji t sebesar 5,815 dengan nilai signifikan 0,000. Hasil ini menunjukan variabel price discount berpengaruh secara parsial terhadap variabel minat beli. Nilai F hitung adalah 85,317 dengan nilai signifikan 0,000, ini menunjukan bahwa brand ambassador, kepercayaan, dan price discount berpengaruh secara simultan terhadap minat beli di aplikasi Tokopedia.
References
A, Shimp,Terence (2003). Periklanan Promosi&Aspek Tambahan Komunikasi
Pemasaran.Terpadu, Jilid I ( edisi 5), Jakarta: Erlangga.
Adinata, K. J., & Yasa, N. N. K. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga,
dan Sikap Terhadap Niat Beli Kembali Di Situs Lazada. E-Jurnal
Manajemen Unud, 7(8), 4153-4180.
Agustini, N. K. D. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Keputusan Membeli di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 127-136.
Akbar, M. A., & Alam, S. N. (2020). E-commerce': Dasar Teori Dalam Bisnis
Digital. Yayasan Kita Menulis.
Alicia, C., & Siagian, V. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Karakteristik Produk Laneige Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomis, 13(4b), 3-16.
Amanah, D., & Harahap, D. A. (2018). Examining the Effect of Product
Assortment and Price Discount Toward Online Purchase Decision of University Student in Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 20(2), 99-104.
Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh kepercayaan dan risiko pada minat
beli belanja online. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 14(2), 155-168.
Ardiansyah, A., & Nurdin, H. (2020). Pengaruh Diskon dan Kepercayaan
Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop Shopee (Studi Kasus Mahasiswa STIE BIMA).
Ardyanto, D. (2015). Pengaruh kemudahan dan kepercayaan menggunakan E-
commerce terhadap keputusan pembelian online (Survei Pada Konsumen www. petersaysdenim. com). Jurnal Administrasi Bisnis, 22(1).
Bhatti, A. (2018). Sales promotion and price discount effect on consumer
purchase intention with the moderating role of social media in Pakistan. International Journal of Business Management, 3(4), 50-58.
Chauhan, R., & Fauzy, H. M. (2020). The Influence Of Brand Trust In Mediating
Consumer Online Behavior Against Buying Interest In Online Stores (Case Study Of Hypermart Online Shop In Indonesia) Dinasti International Journal of Digital Business Management, 1(3), 471-484.
Cho, Y. C., & Sagynov, E. (2015). Exploring factors that affect usefulness, ease
of use, trust, and purchase intention in the online environment. International Journal of Management & Information Systems (IJMIS), 19(1), 21-36.
Dachyar, M., & Banjarnahor, L. (2017). Factors influencing purchase intention
towards consumer-to-consumer e-commerce. Intangible Capital, 13(5), 946-966.
Dewi, I. K., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan
Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013/2014 Konsumen Traveloka). Jurnal Administrasi Bisnis, 56(1), 155-163.
Fitrianto, E. M. (2020). Brand ambassador Performance and the Effect to
Consumer Decision Using VisCAP Model on Online Marketplace in Indonesia. Sriwijaya International Journal Of Dynamic Economics And Business, 4(1), 21-30.
Gultom, S. B., & Sari, D. (2019). Pengaruh Brand ambassador Blackpink
Terhadap Brand Image E-commerce Shopee. eProceedings of Management, 6(2).
Ilaisyah, H. L., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Iklan
Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Tokopedia.Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Global edition
(Global). Harlow: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran edisi kedua belas jilid
Penerbit: PT. Indeks. Jakarta.
Lea-Greenwood, G. (2013). Fashion marketing communications. John Wiley &
Sons.
Li, C., Chu, M., Zhou, C., & Zhao, L. (2020). Two-period discount pricing
strategies for an e-commerce platform with strategic consumers. Computers & Industrial Engineering, 147, 106640.
Perwitasari,Anna Suci (2020). Data 91 juta pengguna Tokopedia dijual, ini yang
dilakukan Tokopedia. Retrieved from https://industri.kontan.co.id/news/data-91-juta-pengguna-tokopedia-dijual-ini-yang-dilakukan-tokopedia
Ponte, E. B., Carvajal-Trujillo, E., & Escobar-RodrÃguez, T. (2015). Influence of
trust and perceived value on the intention to purchase travel online: Integrating the effects of assurance on trust antecedents. Tourism Management, 47, 286-302.
Prabarini, A. Heryanto, B, dan Astuti, P (2018). Pengaruh promosi penjualan dan
potongan harga terhadap keputusan pembelian konsumen produk kecantikan wardah di toserba borobudur kediri. Jurnal JIMEK 1(2): 259-270.
Putro, H. B., & Haryanto, B. (2015). Factors affecting purchase intention of
online shopping in Zalora Indonesia. Journal of Economics, Management and Trade, 1-12.
Rahman, S. H., Rohaeni, H., & Dewi, S. W. K. (2020). Pengaruh Price Discount
dan Bonus Pack Terhadap Purchase Intention. Jurnal Sain Manajemen, 2(1), 24-36.
Rerung, R. R. (2018). E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi
Informasi. Deepublish.
Shahnaz, N. B. F., & Wahyono, W. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Minat
Beli Konsumen Di Toko Online. Management Analysis Journal, 5(4).
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 4(1), 38-51.
Syamsul Ashar (2020). Jakarta Great Online Sale 2020 hari ini di Blibli,
Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dkk. Retrieved from https://regional.kontan.co.id/news/jakarta-great-online-sale-2020-hari-ini-di-blibli-tokopedia-lazada-bukalapak-dkk?page=all
Wikanto Andi (2020). Berdasarkan jumlah pengunjung, Tokopedia kini lengser
dari peringkat pertama. Retrieved from https://industri.kontan.co.id/news/berdasarkan-jumlah-pengunjung-tokopedia-kini-lengser-dari-peringkat-pertama
Yasmin Puti (2020). 5 Unicorn Indonesia, Ini Daftar Lengkapnya. Retrieved from
https://finance.detik.com/fintech/d-4907515/5- unicorn-indonesia-ini-daftar-lengkapnya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat akses terbuka untuk umum dan untuk Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit