IMPLEMENTATION OF THE PROMOTIONAL MIX STRATEGY IN AN EFFORT TO INCREASE SALES VOLUME ON MSMEs IN THE TIME OF THE COVID-19 PANDEMIC

Authors

  • Agung Indra Lesmana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Kafa Bayu Ismoyo Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Hadiah Fitriyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v7i3.1158

Keywords:

Promosi, Volume Penjualan, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi bauran promosi yang diterapkan pada UMKM Butik Zakiah Hijab Solution dalam meningkatkan volume penjualan di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di masa pandemi Covid-19 UMKM Butik Zakiah Hijab Solution memfokuskan lebih pada promosi pada media digital (online) untuk dapat meningkatkan penjualan butik.  Strategi online yang diterapkan di UMKM Butik Zakiah Hijab Solution memiliki 2 metode yakni metode secara promosi yang non berbayar seperti Instagram, Facebook, TikTok dan metode yang berbayar seperti Shopee dan OLX. Adanya promosi dan bonus yang dilakukan dalam market online dapat meningkatkan volume penjualan. Strategi personal selling yang diterapkan UMKM Butik Zakiah Hijab Solution mengedapankan pelayanan yaitu saat berkomunikasi dengan konsumen. UMKM Butik Zakiah Hijab Solution dalam mempromosikan produknya yaitu Butik mendapatkan penjualan serta mengalami peningkatan penjualan dengan menerapkan tiga strategi promosi yaitu periklanan, promosi penjualan, dan personal selling.

       

Abstract (11 pt)

 

This study aims to reveal and describe how the implementation of the promotional mix strategy applied to the Zakiah Hijab Solution Boutique MSME in increasing sales volume during the Covid-19 pandemic. This research method uses descriptive qualitative research methods. The results of this study indicate that during the Covid-19 pandemic, MSME Boutique Zakiah Hijab Solution was more focused on promotion in digital media (online) to increase boutique sales. The online strategy applied to MSMEs Zakiah Hijab Solution Boutique has 2 methods, namely free promotion methods such as Instagram, Facebook, TikTok and paid methods such as Shopee and OLX. The existence of promotions and bonuses carried out in the online market can increase sales volume. The personal selling strategy implemented by UMKM Boutique Zakiah Hijab Solution prioritizes service, namely when communicating with consumers. MSME Boutique Zakiah Hijab Solution in promoting its products, namely boutiques get sales and increase sales by implementing three promotional strategies, namely advertising, sales promotion, and personal sellingletters.

   

References

Hasanah, U., V. W. Nurulita, A. Budiman, dan G. G. Kanita. 2021. Analysis Of Marketing Communication Strategies In Increasing Sales Volume Of Rini’s Cake During The Covid-19 Pandemic. A Social Science And Entrepreneurship Journal, 1 (1): 6-11.

Huda et al. 2017. Pemasaran Syariah: Teori Dan Aplikasi. Kencana. Depok.

Kotler, P. dan G. Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P. dan Keller, 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Keduabelas. Erlangga. Jakarta.

Kurniawati, E., Idris, P. Handayati, dan S. Osman. 2021. Digital Transformation Of MSMEs In Indonesia During The Pandemic. Entrepreneurship And Sustainability Issues, 9 (2): 316-331.

Lindawati, S., M. Hendri, dan J. Hutahaean. 2020. Pemasaran Digital. Yayasan Kita Menulis. Medan.

Pakpahan, A.K. 2020. Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menegah. Jurnal Univeristas Katolik Parahyangan.

Priambada, S. 2015. Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menegah. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.

Qardhawi, Y. 1997. Norma Dan Etika Dalam Ekonomi Islam. Gema Insani Press. Jakarta.

Salamzadeh, A. 2020. The Emergence Of Media Entrepreneurship As A Promising Field Of Research. Journal Of Organizational Culture, Communications And Conflict, 24(2), 1-2.

Swastha, B. dan Irawan. 2005. Asas-Asas Marketing. Liberty. Yogyakarta.

Tjiptono, F. 1997. Strategi Pemasaran. ANDI. Yogyakarta.

Trawnih, A., H. Yaseen, A. S. Al-Adwan, A. R. Alsoud, dan O. A. Jaber. 2021. Factors Influencing Social Media Adoption Among SMES During Covid-19 Crisis. Journal Of Management Information And Decision Sciences. 24(6): 1-18.

Published

2022-10-07

How to Cite

Lesmana, A. I., Ismoyo, K. B., & Fitriyah, H. (2022). IMPLEMENTATION OF THE PROMOTIONAL MIX STRATEGY IN AN EFFORT TO INCREASE SALES VOLUME ON MSMEs IN THE TIME OF THE COVID-19 PANDEMIC. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 7(3), 405–418. https://doi.org/10.30736/jpim.v7i3.1158